Selasa, 16 Maret 2010

Komputasi modern

Komputasi modern pertama kali ditemukan oleh John von Neumann (1903-1957) adalah ilmuan yang meletakkan dasar-dasar komputer modern. Dalam hidupnya yang singkat, Von Neumann telah menjadi ilmuwan besar abad 21. Von Neumann meningkatkan karya-karyanya dalam bidang matematika, teori kuantum, game theory, fisika nuklir, dan ilmu komputer. Beliau juga merupakan salah seorang ilmuwan yang sangat berpengaruh dalam pembuatan bom atom di Los Alamos pada Perang Dunia II lalu.

Von Neumann dilahirkan di Budapest, Hungaria pada 28 Desember 1903 dengan nama Neumann Janos. Dia adalah anak pertama dari pasangan Neumann Miksa dan Kann Margit. Di sana, nama keluarga diletakkan di depan nama asli. Sehingga dalam bahasa Inggris, nama orang tuanya menjadi Max Neumann. Pada saat Max Neumann memperoleh gelar, maka namanya berubah menjadi Von Neumann. Setelah bergelar doktor dalam ilmu hukum, dia menjadi pengacara untuk sebuah bank. Pada tahun 1903, Budapest terkenal sebagai tempat lahirnya para manusia genius dari bidang sains, penulis, seniman dan musisi.

Pada zaman sekarang penggunaan komputer sudah merupakan bagian yang tidak terpisahkan dalam kehidupan sehari-hari. Komputer yang dimaksud disini tidak hanya PC ataupun komputer notebook tapi juga phone cell, smartphone, digital organizer atau PDA (Pocket Digital Assistant).

Komputasi modern sekarang bergerak dengan sangat cepat dan memasuki sebuah paradigma baru dalam kehidupan cultural masyarakat Indonesia. Kemajuan teknologi komputer dan internet dapat dijadikan parameter kemajuan teknologi dewasa ini. Memang dengan teknologi informasi telah menciptakan produk-produk baru yang mempermudah dan mempercepat hubungan antar manusia.

Seperti yang diketahui era komputasi merupakan masa penerapan teknologi komputer dalam peralatan – peralatan yang biasa digunakan manusia, seperti peralatan sehari – hari baik itu radio, televisi, pendingin, alat – alat rumah atau mobil. Sebagian alat itu mungkin tidak menampakkan wujud fisik dari komputer, namun tekhnologi komputasi menyelinap di dalamnya.

Sumber :

http://www.riauinfo.com/main/news.php?c=13&id=8799

http://www.komputasi.lipi.go.id/utama.cgi?cetakartikel&1209393042

Tidak ada komentar:

Posting Komentar